Zakat menurut bahasa artinya tumbuh dan
berkembang. Dikatakan zakatnya tanaman apabila tumbuh. Zakat menurut istilah
artinya hak yang dwajibkan dari harta yang telah mencapai nishab setahun dengan
syarat tertentu, untuk golongan tertentu. Zakat membersihkan seorang hamba dan
mensucikan dirinya.
Allah Subhanahu wata’ala berfirman,
خُذْ مِنْ
أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا
“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka,
dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka,” (At Taubah: 103)
Zakat merupakan sebab dari sebab-sebab
persatuan, kecintaan, dan penopang di antara individu masyarakat Muslim.
Hukum zakat dan dalilnya
Zakat merupakan kewajiban dari
kewajiban-kewajiban Islam dan rukun dari rukun Islam yang lima, yang terpenting
setelah sholat.
Sebagaimana firman Allah Subhanahu wata’ala
وَأَقِيمُوا الصَّلاةَ
وَآتُوا الزَّكَاةَ
“Dan dirikanlah salat, tunaikanlah zakat.” (Al
Baqarah: 43)
Dan firman-Nya,
خُذْ مِنْ
أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا
“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka,
dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka,” (At Taubah: 103)
Dari Abdullah bin Umar Radhiallahuanhuma dia
berkata : Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda,
بُنِيَ اْلإِسْلاَمُ
عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً
رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامُ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءُ الزَّكَاةِ وَحَجُّ الْبَيْتِ
وَصَوْمُ رَمَضَانَ
“Islam dibangun atas lima perkara; Bersaksi
bahwa tiada Ilah yang berhak disembah selain Allah dan bahwa nabi Muhammad
utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, melaksanakan haji dan puasa
Ramadhan.” (Riwayat Bukhari no.8 dan Riwayat Muslim no. 16)
Dan dari Ibnu ‘Abbas Radhiallahu’anhu bahwa
beliau berkata: Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda kepada Mu’adz
bin Jabal Radhiallahu’anhu tatkala beliau Shallallahu’alaihi wasallam
mengutusnya ke negeri Yaman:
إنك تأتي قوما من أهل
الكتاب، فليكن أول ما تدعوهم إليه شهادة أن لا إله إلا الله – وفي رواية : إلى أن
يوحدوا الله -، فإن هم أطاعوك لذلك فأعلمهم أن الله افترض عليهم خمس صلوات في كل
يوم وليلة، فإن هم أطاعوك لذلك فأعلمهم أن الله افترض عليهم صدقة تؤخذ من أغنيائهم
فترد على فقرائهم، فإن هم أطاعوك لذلك فإياك وكرائم أموالهم، واتق دعوة المظلوم
فإنه ليس بينها وبين الله حجاب
“Sesungguhnya engkau akan mendatangi Ahlul
Kitab. Jika engkau telah sampai kepada mereka maka ajaklah mereka untuk
bersaksi bahwa tidak ada llah (yang berhak disembah) kecuali Allah dan Muhammad
adalah Rasullullah.” (Dalam riwayat lain: “Maka jadikan yang kamu seru pertama
kali kepada mereka adalah ibadah kepada Allah.”) (Dalam riwayat lain: “Supaya
mereka mentauhidkan Allah.”) “Kalau mereka menaatimu (Dalam riwayat lain:
“Apabila mereka telah mengenal Allah”), maka kabarkan kepada mereka bahwa Allah
telah mewajibkan kepada mereka shalat lima kali sehari semalam. Apabila mereka
telah menaatimu dalam perkara itu, kabarkanlah bahwa Allah mewajibkan atas
mereka zakat yang diambil dari orang- orang kaya mereka dan diberikan kepada
para fakirnya. jika mereka menaatimu dalam perkara itu, maka berhati-hatilah
engkau terhadap harta mereka yang bagus- bagus (jangan sampai engkau hanya mau
mengambil dan mengutamakan harta mereka yang bagus-bagus) sebagai zakat dan
takutlah kamu terhadap doa orang yang teraniaya, karena sesungguhnya tidak ada
hijab (penghalang) antara dia dengan Allah.” (Riwayat Bukhari dan Muslim)
Dan telah ijma’ kaum Muslimin di setiap masa
atas wajibnya, dan Shahabat Radhiallahu’anhum sepakat atas hukum bunuh bagi
sesiapa yang menolak membayar zakat. Dengan demikian telah tsabit wajibnya
zakat menurut Al Quran, As Sunnah, dan Ijma’.
Hukum Bagi yang Mengingkari Zakat
Barang siapa yang mengingkari wajibnya zakat
karena tidak tahu hukumnya, dan memang karena kebodohannya seperti orang yang
baru masuk Islam yang belum sampai kepadanya hukum zakat dalam Islam, atau dia
tinggal di suatu tempat yang jauh dari peradaban, maka orang-orang seperti ini
disampaikan kewajibannya, dan jangan dihukumi dengan kekafiran, karena mereka
mendapatkan udzur.
Dan bila orang yang mengingkarinya adalah
seorang muslim yang tinggal di negeri Islam dan disana ada ahlul ilmu (ulama),
maka dia murtad dihukumi atas riddah (keluar dari Islam), dimintai taubat
selama 3 hari. Hendaknya dia bertaubat, kalau tetap mengingkarinya maka
dibunuh.
Karena kewajiban zakat itu jelas dalam Al
Quran dan As Sunah dan ijma’ (kesepakatan) kaum Muslimin, maka hampir-hampir
tidak tersamarkan perkara ini atas siapapun. Barang siapa yang menolak, ini
tidak terjadi kecuali dia mendustakan Al Quran dan As Sunnah dan mengkufuri
keduanya.
Hukum Enggan Menunaikan Zakat Karena Bakhil
Barang siapa yang enggan menunaikan zakat karena
dia bakhil dengan tetap meyakini kewajibannya maka dia mendapatkan dosa besar
karena enggan menunaikan kewajibannya. Akan tetapi tidak mengeluarkannya dari
Islam. Karena zakat adalah cabang dari cabang-cabang agama, maka tidak
dikafirkan orang yang meninggalkan zakat sekedar hanya meninggalkan, karena
Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda terhadap orang yang enggan
menunaikan zakat,
ثُمَّ يَرَى سَبِيلَهُ
إِمَّا إِلَى الْجَنَّةِ وَإِمَّا إِلَى النَّارِ
“Kemudian dia melihat jalannya apakah menuju
surga atau menuju neraka.” (Shahih Muslim No. 987)
Sekiranya dia dihukumi kafir tidak mungkin dia
melhat jalannya ke surga. Orang seperti ini diambil zakat darinya dengan paksa
bersama hukuman. Kalau dia tetap enggan menunaikan maka dibunuh sampai dia tunduk
perintah Allah Azza wajalla dan menunaikan zakat karena firman Allah,
فَإِنْ تَابُوا
وَأَقَامُوا الصَّلاةَ وَآتَوُا الزَّكَاةَ فَخَلُّوا سَبِيلَهُمْ إِنَّ اللَّهَ
غَفُورٌ رَحِيمٌ
“Jika mereka bertobat dan mendirikan salat dan
menunaikan zakat, maka berilah kebebasan kepada mereka untuk berjalan.
Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. “ (At Taubah: 5)
Dan Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam
bersabda,
أُمِرْتُ أَنْ
أُقَاتِلَ النَّاسَ حَتَّى يَشْهَدُوا أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ
مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ، وَيُقِيْمُوا الصَّلاَةَ وَيُؤْتُوا الزَّكاَةَ،
فَإِذَا فَعَلُوا ذَلِكَ عَصَمُوا مِنِّي دِمَاءُهُمْ وَأَمْوَالُـهُمْ إِلاَّ
بِحَقِّ الإِسْلاَمِ وَحِسَابُهُمْ عَلَى اللهِ تَعَالىَ
“Aku diperintahkan untuk memerangi manusia
hingga mereka bersaksi bahwa tidak ada Ilah selain Allah dan bahwa Muhammad
adalah Rasulullah, menegakkan shalat, menunaikan zakat. Jika mereka melakukan
hal itu maka darah dan harta mereka akan dilindungi kecuali dengan hak Islam
dan perhitungan mereka ada pada Allah Subhanahu wata’ala.” (Riwayat Bukhari No.
2946 dan Muslim No. 21)
Berkata Abu Bakar As Shiddiq Radhiallahu’anhu,
“Kalau mereka enggan menunaikan zakat ‘anaqan yang mereka tunaikan di masa
Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam niscaya aku perangi mereka.” (Riwayat
Bukhari No. 1400 dan Muslim No. 20)
‘Anaqan adalah anak betina kambing yang umurnya belum genap setahun.
‘Anaqan adalah anak betina kambing yang umurnya belum genap setahun.
Dan beliau didukung khalifah yang tiga dan
seluruh shahabat Radhiallahu’anhum. Dan orang yang enggan menunaikan zakat
karena bakhil masuk nash ini untuk diperangi.
(Dari Kitab Fiqhul Muyassar fii Dhau al-Kitabi
wa as-Sunnah, Penulis Majmu’ minal Ulama, Taqdim asy-Syaikh Shalih bin Abdul
Aziz alu Syaikh)
Syarat seseorang wajib
mengeluarkan zakat adalah sebagai berikut:
1.
Islam
2.
Merdeka
3.
Berakal dan baligh
4.
Memiliki nishab
Makna nishab di sini adalah ukuran atau batas terendah yang
telah ditetapkan oleh syar’i (agama) untuk menjadi pedoman menentukan kewajiban
mengeluarkan zakat bagi yang memilikinya, jika telah sampai ukuran tersebut.
Orang yang memiliki harta dan telah mencapai nishab atau lebih, diwajibkan
mengeluarkan zakat dengan dasar firman Allah,
“Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan.
Katakanlah: ‘Yang lebih dari keperluan.’ Demikianlah Allah menerangkan
ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berpikir.” (Qs. Al Baqarah: 219)
Makna al afwu (dalam ayat tersebut-red), adalah harta yang
telah melebihi kebutuhan. Oleh karena itu, Islam menetapkan nishab sebagai
ukuran kekayaan seseorang.
Macam-macam Zakat :
ZAKAT FITRAH
Zakat Fitrah adalah kewajiban
yang harus dipenuhi oleh setiap ummat islam secara perseorangan yang lahir
didunia baik itu orang dewasa, tua maupun bayi yang baru berumur sehari pun
wajib membayar zakat, sedangkan arti Zakat Fitra menurut bahasa adalah Zakat
adalah kewajiban sedangkan Fitra itu suci
Jumhur (kebanyakan) ulama’ menyatakan bahwa
zakat fitrah harus dibayar dengan makanan pokok, sebesar satu sha’ (kira-kira 3 Kg). Mereka berdalil dengan
banyak dalil, diantaranya:
عن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال: كنا نخرج في عهد رسول الله
صلى الله عليه وسلم يوم الفطر صاعا من طعام. وقال أبو سعيد: وكان طعامنا الشعير
والزبيب والأقط والتمر. رواه البخاري
“Diriwayatkan dari sahabat Abu Sa’id Al Khudri, radhiallahu ‘anhu,
ia berkata: Dahulu kami mengeluarkan/menunaikan pada hari raya idul fitri satu
sha’ bahan makanan’, kemudian ia menjelaskan dengan berkata: Dan makanan kami
kala itu ialah Gandum, zabib (kismis), susu kering, dan korma.” (HR. Bukhori)
Dan juga hadits berikut:
عن بن عباس قال : فرض رسول الله صلى الله عليه وسلم زكاة الفطر
طهرة للصائم من اللغو والرفث وطعمة للمساكين من أداها قبل الصلاة فهي زكاة مقبولة
ومن أداها بعد الصلاة فهي صدقة من الصدقات. رواه أبو داود وابن ماجة وغيرهما.
“Diriwayatkan dari sahabat Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhu ia
menuturkan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitrah
guna membersihkan orang-orang yang berpuasa dari noda perbuatan sia-sia dan
rafats (keji), dan guna memberi makan kepada orang-orang miskin. Baranng siapa
yang menunaikannya sebelum shalat ied, maka yang ia keluarkan dianggap sebagai
zakat yang diterima (sah), dan barang siapa yang menunaikannya setelah shalat
ied, maka yang ia keluarkan dianggap sebagai shadaqah biasa.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah dll)
Dan sebagian
ulama’ dan ini merupakan mazhab Hanafiyah, membolehkan untuk membayar zakat
fitrah dengan uang seharga nishabnya (seharga beras 3 Kg). Mereka
berdalil dengan berbagai dalil, diantaranya mereka beralasan: Diantara tujuan
diwajibkannya zakat fitrah ialah guna mencukupi kebutuhan orang-orang miskin,
padahal mereka bukan hanya butuh kepada makanan saja, tapi juga butuh kepada
lain-lainnya apalagi di daerah-daerah yang tingkat kemiskinannya tidak terlalu
parah, sehingga untuk kebutuhan makanan, mereka dapat memenuhinya dengan
sendiri. Sehingga kurang berarti bila kita memberi mereka bahan makanan, beda
halnya bila kita memberi mereka uang seharga beras (bahan makanan) tersebut.
Tata
Cara Membayar Zakat Fitrah :
Bentuk Zakat Fitrah itu sendiri dapat berupa makanan pokok seperti beras, gandum, keju dan makanan pokok lain atau berupa Uang sebesar bahan Pokok tersebut. Berapa Besar Zakat Fitrah ?? Zakat Fitrah yang wajib dibayar oleh 1 orang adalah 2,5kg makanan pokok.
Bentuk Zakat Fitrah itu sendiri dapat berupa makanan pokok seperti beras, gandum, keju dan makanan pokok lain atau berupa Uang sebesar bahan Pokok tersebut. Berapa Besar Zakat Fitrah ?? Zakat Fitrah yang wajib dibayar oleh 1 orang adalah 2,5kg makanan pokok.
Saat
yang Tepat untuk Membayar Zakat Fitrah
Waktu yang sangat tepat adalah mulai dari terbit fajar pada hari idul fitri hingga dekat waktu pelaksanaan sholat ied.
Waktu yang diperbolehkan berzakat yaitu satu atau dua hari sebelum ied.
Waktu yang sangat tepat adalah mulai dari terbit fajar pada hari idul fitri hingga dekat waktu pelaksanaan sholat ied.
Waktu yang diperbolehkan berzakat yaitu satu atau dua hari sebelum ied.
Niat
dan Doa Mengeluarkan Zakat Fitrah secara pribadi
Artinya :
Saya niat mengeluarkan zakat fitrah atas diri saya sendiri fardu karena Allah ta'ala
Doa
Membayar Zakat Fitrah Bagi Keluarga :
Do'a mmbayar zakat fitrah bagi anak laki-laki kita :
Do'a membayar zakat fitrah bagi anak perempuan kita :
Doa Membayar
Zakat Fitrah Untuk Orang lain :
ZAKAT MAAL
Pengertian Maal (harta)
Menurut bahasa (lughat), harta adalah segala sesuatu yang diinginkan sekali sekali oleh manusia untuk memiliki, memanfaatkan dan menyimpannya
Menurut syar'a, harta adalah segala sesuatu yang dapat dimiliki (dikuasai) dan dapat digunakan (dimanfaatkan) menurut ghalibnya (lazim).
sesuatu dapat disebut dengan maal (harta) apabila memenuhi 2 (dua) syarat, yaitu:
a. Dapat dimiliki, disimpan, dihimpun, dikuasai
b. Dapat diambil manfaatnya sesuai dengan ghalibnya. Misalnya rumah, mobil, ternak, hasil pertanian, uang, emas, perak, dll.
Syarat-syarat Kekayaan yang Wajib di Zakati
Milik Penuh (Almilkuttam)
Yaitu : harta tersebut berada dalam kontrol dan kekuasaanya secara penuh, dan dapat diambil manfaatnya secara penuh. Harta tersebut didapatkan melalui proses pemilikan yang dibenarkan menurut syariat islam, seperti : usaha, warisan, pemberian negara atau orang lain dan cara-cara yang sah. Sedangkan apabila harta tersebut diperoleh dengan cara yang haram, maka zakat atas harta tersebut tidaklah wajib, sebab harta tersebut harus dibebaskan dari tugasnya dengan cara dikembalikan kepada yang berhak atau ahli warisnya.
Berkembang
Yaitu : harta tersebut dapat bertambah atau berkembang bila diusahakan atau mempunyai potensi untuk berkembang.
Cukup Nishab
Artinya harta tersebut telah mencapai jumlah tertentu sesuai dengan ketetapan syara'. sedangkan harta yang tidak sampai nishabnya terbebas dari Zakat
Pengertian Maal (harta)
Menurut bahasa (lughat), harta adalah segala sesuatu yang diinginkan sekali sekali oleh manusia untuk memiliki, memanfaatkan dan menyimpannya
Menurut syar'a, harta adalah segala sesuatu yang dapat dimiliki (dikuasai) dan dapat digunakan (dimanfaatkan) menurut ghalibnya (lazim).
sesuatu dapat disebut dengan maal (harta) apabila memenuhi 2 (dua) syarat, yaitu:
a. Dapat dimiliki, disimpan, dihimpun, dikuasai
b. Dapat diambil manfaatnya sesuai dengan ghalibnya. Misalnya rumah, mobil, ternak, hasil pertanian, uang, emas, perak, dll.
Syarat-syarat Kekayaan yang Wajib di Zakati
Milik Penuh (Almilkuttam)
Yaitu : harta tersebut berada dalam kontrol dan kekuasaanya secara penuh, dan dapat diambil manfaatnya secara penuh. Harta tersebut didapatkan melalui proses pemilikan yang dibenarkan menurut syariat islam, seperti : usaha, warisan, pemberian negara atau orang lain dan cara-cara yang sah. Sedangkan apabila harta tersebut diperoleh dengan cara yang haram, maka zakat atas harta tersebut tidaklah wajib, sebab harta tersebut harus dibebaskan dari tugasnya dengan cara dikembalikan kepada yang berhak atau ahli warisnya.
Berkembang
Yaitu : harta tersebut dapat bertambah atau berkembang bila diusahakan atau mempunyai potensi untuk berkembang.
Cukup Nishab
Artinya harta tersebut telah mencapai jumlah tertentu sesuai dengan ketetapan syara'. sedangkan harta yang tidak sampai nishabnya terbebas dari Zakat
Lebih Dari Kebutuhan Pokok (Alhajatul
Ashliyah)
Kebutuhan pokok adalah kebutuhan minimal yang diperlukan seseorang dan keluarga yang menjadi tanggungannya, untuk kelangsungan hidupnya. Artinya apabila kebutuhan tersebut tidak terpenuhi yang bersangkutan tidak dapat hidup layak. Kebutuhan tersebut seperti kebutuhan primer atau kebutuhan hidup minimum (KHM), misal, belanja sehari-hari, pakaian, rumah, kesehatan, pendidikan, dsb.
Bebas Dari hutang
Orang yang mempunyai hutang sebesar atau mengurangi senishab yang harus dibayar pada waktu yang sama (dengan waktu mengeluarkan zakat), maka harta tersebut terbebas dari zakat.
Berlalu Satu Tahun (Al-Haul)
Maksudnya adalah bahwa pemilikan harta tersebut sudah belalu satu tahun. Persyaratan ini hanya berlaku bagi ternak, harta simpanan dan perniagaan. Sedang hasil pertanian, buah-buahan dan rikaz(barang temuan) tidak ada syarat haul.
Harta(maal) yang Wajib di Zakati
Binatang Ternak
Hewan ternak meliputi hewan besar (unta, sapi, kerbau), hewan kecil (kambing, domba) dan unggas (ayam, itik, burung).
Emas Dan Perak
Emas dan perak merupakan logam mulia yang selain merupakan tambang elok, juga sering dijadikan perhiasan. Emas dan perak juga dijadikan mata uang yang berlaku dari waktu ke waktu. Islam memandang emas dan perak sebagai harta yang (potensial) berkembang. Oleh karena syara' mewajibkan zakat atas keduanya, baik berupa uang, leburan logam, bejana, souvenir, ukiran atau yang lain.
Termasuk dalam kategori emas dan perak, adalah mata uang yang berlaku pada waktu itu di masing-masing negara. Oleh karena segala bentuk penyimpanan uang seperti tabungan, deposito, cek, saham atau surat berharga lainnya, termasuk kedalam kategori emas dan perak. sehingga penentuan nishab dan besarnya zakat disetarakan dengan emas dan perak.
Demikian juga pada harta kekayaan lainnya, seperti rumah, villa, kendaraan, tanah, dll. Yang melebihi keperluan menurut syara' atau dibeli/dibangun dengan tujuan menyimpan uang dan sewaktu-waktu dapat di uangkan. Pada emas dan perak atau lainnya yang berbentuk perhiasan, asal tidak berlebihan, maka tidak diwajibkan zakat atas barang-barang tersebut.
Harta Perniagaan
Harta perniagaan adalah semua yang diperuntukkan untuk diperjual-belikan dalam berbagai jenisnya, baik berupa barang seperti alat-alat, pakaian, makanan, perhiasan, dll. Perniagaan tersebut di usahakan secara perorangan atau perserikatan seperti CV, PT, Koperasi, dsb.
Hasil Pertanian
Hasil pertanian adalah hasil tumbuh-tumbuhan atau tanaman yang bernilai ekonomis seperti biji-bijian, umbi-umbian, sayur-mayur, buah-buahan, tanaman hias, rumput-rumputan, dedaunan, dll.
Ma-din dan Kekayaan Laut
Ma'din (hasil tambang) adalah benda-benda yang terdapat di dalam perut bumi dan memiliki nilai ekonomis seperti emas, perak, timah, tembaga, marmer, giok, minyak bumi, batu-bara, dll. Kekayaan laut adalah segala sesuatu yang dieksploitasi dari laut seperti mutiara, ambar, marjan, dll.
Rikaz
Rikaz adalah harta terpendam dari zaman dahulu atau biasa disebut dengan harta karun. Termasuk didalamnya harta yang ditemukan dan tidak ada yang mengaku sebagai pemiliknya.
Kebutuhan pokok adalah kebutuhan minimal yang diperlukan seseorang dan keluarga yang menjadi tanggungannya, untuk kelangsungan hidupnya. Artinya apabila kebutuhan tersebut tidak terpenuhi yang bersangkutan tidak dapat hidup layak. Kebutuhan tersebut seperti kebutuhan primer atau kebutuhan hidup minimum (KHM), misal, belanja sehari-hari, pakaian, rumah, kesehatan, pendidikan, dsb.
Bebas Dari hutang
Orang yang mempunyai hutang sebesar atau mengurangi senishab yang harus dibayar pada waktu yang sama (dengan waktu mengeluarkan zakat), maka harta tersebut terbebas dari zakat.
Berlalu Satu Tahun (Al-Haul)
Maksudnya adalah bahwa pemilikan harta tersebut sudah belalu satu tahun. Persyaratan ini hanya berlaku bagi ternak, harta simpanan dan perniagaan. Sedang hasil pertanian, buah-buahan dan rikaz(barang temuan) tidak ada syarat haul.
Harta(maal) yang Wajib di Zakati
Binatang Ternak
Hewan ternak meliputi hewan besar (unta, sapi, kerbau), hewan kecil (kambing, domba) dan unggas (ayam, itik, burung).
Emas Dan Perak
Emas dan perak merupakan logam mulia yang selain merupakan tambang elok, juga sering dijadikan perhiasan. Emas dan perak juga dijadikan mata uang yang berlaku dari waktu ke waktu. Islam memandang emas dan perak sebagai harta yang (potensial) berkembang. Oleh karena syara' mewajibkan zakat atas keduanya, baik berupa uang, leburan logam, bejana, souvenir, ukiran atau yang lain.
Termasuk dalam kategori emas dan perak, adalah mata uang yang berlaku pada waktu itu di masing-masing negara. Oleh karena segala bentuk penyimpanan uang seperti tabungan, deposito, cek, saham atau surat berharga lainnya, termasuk kedalam kategori emas dan perak. sehingga penentuan nishab dan besarnya zakat disetarakan dengan emas dan perak.
Demikian juga pada harta kekayaan lainnya, seperti rumah, villa, kendaraan, tanah, dll. Yang melebihi keperluan menurut syara' atau dibeli/dibangun dengan tujuan menyimpan uang dan sewaktu-waktu dapat di uangkan. Pada emas dan perak atau lainnya yang berbentuk perhiasan, asal tidak berlebihan, maka tidak diwajibkan zakat atas barang-barang tersebut.
Harta Perniagaan
Harta perniagaan adalah semua yang diperuntukkan untuk diperjual-belikan dalam berbagai jenisnya, baik berupa barang seperti alat-alat, pakaian, makanan, perhiasan, dll. Perniagaan tersebut di usahakan secara perorangan atau perserikatan seperti CV, PT, Koperasi, dsb.
Hasil Pertanian
Hasil pertanian adalah hasil tumbuh-tumbuhan atau tanaman yang bernilai ekonomis seperti biji-bijian, umbi-umbian, sayur-mayur, buah-buahan, tanaman hias, rumput-rumputan, dedaunan, dll.
Ma-din dan Kekayaan Laut
Ma'din (hasil tambang) adalah benda-benda yang terdapat di dalam perut bumi dan memiliki nilai ekonomis seperti emas, perak, timah, tembaga, marmer, giok, minyak bumi, batu-bara, dll. Kekayaan laut adalah segala sesuatu yang dieksploitasi dari laut seperti mutiara, ambar, marjan, dll.
Rikaz
Rikaz adalah harta terpendam dari zaman dahulu atau biasa disebut dengan harta karun. Termasuk didalamnya harta yang ditemukan dan tidak ada yang mengaku sebagai pemiliknya.
Syarat-syarat nishab
adalah sebagai berikut:
1. Harta tersebut di
luar kebutuhan yang harus dipenuhi seseorang, seperti makanan, pakaian, tempat
tinggal, kendaraan, dan alat yang dipergunakan untuk mata pencaharian.
2. Harta yang akan
dizakati telah berjalan selama satu tahun (haul) terhitung dari hari
kepemilikan nishab dengan dalil hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
“Tidak ada zakat atas harta, kecuali yang telah melampaui satu
haul (satu tahun).” (HR. Tirmidzi, Ibnu
Majah, dihasankan oleh Syaikh al AlBani)
Dikecualikan dari hal
ini, yaitu zakat pertanian dan buah-buahan. Karena zakat pertanian dan
buah-buahan diambil ketika panen. Demikian juga zakat harta karun (rikaz) yang
diambil ketika menemukannya.
Misalnya, jika seorang
muslim memiliki 35 ekor kambing, maka ia tidak diwajibkan zakat karena nishab
bagi kambing itu 40 ekor. Kemudian jika kambing-kambing tersebut berkembang
biak sehingga mencapai 40 ekor, maka kita mulai menghitung satu tahun setelah
sempurna nishab tersebut.
Nishab, Ukuran dan Cara Mengeluarkan Zakatnya
1. Nishab emas
Nishab emas sebanyak
20 dinar. Dinar yang dimaksud adalah dinar Islam.
1 dinar = 4,25 gr emas
Jadi, 20 dinar = 85gr emas murni.
1 dinar = 4,25 gr emas
Jadi, 20 dinar = 85gr emas murni.
Dalil nishab ini
adalah sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,
“Tidak ada kewajiban atas kamu sesuatupun – yaitu dalam emas –
sampai memiliki 20 dinar. Jika telah memiliki 20 dinar dan telah berlalu satu
haul, maka terdapat padanya zakat ½ dinar. Selebihnya dihitung sesuai dengan
hal itu, dan tidak ada zakat pada harta, kecuali setelah satu haul.” (HR. Abu Daud, Tirmidzi)
Dari nishab tersebut,
diambil 2,5% atau 1/40. Dan jika lebih dari nishab dan belum sampai pada ukuran
kelipatannya, maka diambil dan diikutkan dengan nishab awal. Demikian menurut
pendapat yang paling kuat.
Contoh:
Seseorang memiliki 87 gr emas yang disimpan. Maka, jika telah sampai haulnya, wajib atasnya untuk mengeluarkan zakatnya, yaitu 1/40 x 87gr = 2,175 gr atau uang seharga tersebut.
Seseorang memiliki 87 gr emas yang disimpan. Maka, jika telah sampai haulnya, wajib atasnya untuk mengeluarkan zakatnya, yaitu 1/40 x 87gr = 2,175 gr atau uang seharga tersebut.
2. Nishab perak
Nishab perak adalah
200 dirham. Setara dengan 595 gr, sebagaimana hitungan Syaikh Muhammad Shalih
Al Utsaimin dalam Syarhul Mumti’ 6/104 dan diambil darinya 2,5% dengan
perhitungan sama dengan emas.
3. Nishab binatang
ternak
Syarat wajib zakat
binatang ternak sama dengan di atas, ditambah satu syarat lagi, yaitu
binatanngya lebih sering digembalakan di padang rumput yang mubah daripada
dicarikan makanan.
“Dan dalam zakat kambing yang digembalakan di luar, kalau sampai
40 ekor sampai 120 ekor…” (HR. Bukhari)
Sedangkan ukuran
nishab dan yang dikeluarkan zakatnya adalah sebagai berikut:
a. Onta
Nishab onta adalah 5 ekor.
Dengan pertimbangan di negara kita tidak ada yang memiliki ternak onta, maka nishab onta tidak kami jabarkan secara rinci -red.
Nishab onta adalah 5 ekor.
Dengan pertimbangan di negara kita tidak ada yang memiliki ternak onta, maka nishab onta tidak kami jabarkan secara rinci -red.
b. Sapi
Nishab sapi adalah 30 ekor. Apabila kurang dari 30 ekor, maka tidak ada zakatnya.
Nishab sapi adalah 30 ekor. Apabila kurang dari 30 ekor, maka tidak ada zakatnya.
Cara perhitungannya
adalah sebagai berikut:
Jumlah Sapi
|
Jumlah yang dikeluarkan
|
30-39 ekor
|
1 ekor tabi’ atau tabi’ah
|
40-59 ekor
|
1 ekor musinah
|
60 ekor
|
2 ekor tabi’
atau 2 ekor tabi’ah
|
70 ekor
|
1 ekor tabi
dan 1 ekor musinnah
|
80 ekor
|
2 ekor musinnah
|
90 ekor
|
3 ekor tabi’
|
100 ekor
|
2 ekor tabi’
dan 1 ekor musinnah
|
Keterangan:
1.
Tabi’ dan tabi’ah
adalah sapi jantan dan betina yang berusia setahun.
2.
Musinnah adalah sapi
betina yang berusia 2 tahun.
3.
Setiap 30 ekor sapi,
zakatnya adalah 1 ekor tabi’ dan setiap 40 ekor sapi, zakatnya adalah 1 ekor
musinnah.
c. Kambing
Nishab kambing adalah
40 ekor. Perhitungannya adalah sebagai berikut:
Jumlah Kambing
|
Jumlah yang dikeluarkan
|
40 ekor
|
1 ekor kambing
|
120 ekor
|
2 ekor kambing
|
201 – 300 ekor
|
3 ekor kambing
|
> 300 ekor
|
setiap 100, 1 ekor kambing
|
4. Nishab hasil
pertanian
Zakat hasil pertanian
dan buah-buahan disyari’atkan dalam Islam dengan dasar firman Allah Subhanahu
wa Ta’ala,
“Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang
tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya,
zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya), dan tidak sama (rasanya).
Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan
tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan dikeluarkan zakatnya); dan
janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang
yang berlebih-lebihan.” (Qs. Al-An’am: 141)
Adapun nishabnya ialah
5 wasaq, berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,
“Zakat itu tidak ada yang kurang dari 5 wasaq.” (Muttafaqun ‘alaihi)
Satu wasaq setara
dengan 60 sha’ (menurut kesepakatan ulama, silakan lihat penjelasan Ibnu Hajar
dalam Fathul
Bari 3/364). Sedangkan 1
sha’ setara dengan 2,175 kg atau 3 kg. Demikian menurut takaaran Lajnah Daimah
li Al Fatwa wa Al Buhuts Al Islamiyah (Komite Tetap Fatwa dan Penelitian Islam
Saudi Arabia). Berdasarkan fatwa dan ketentuan resmi yang berlaku di Saudi
Arabia, maka nishab zakat hasil pertanian adalah 300 sha’ x 3 kg = 900 kg.
Adapun ukuran yang dikeluarkan, bila pertanian itu didapatkan dengan cara
pengairan (atau menggunakan alat penyiram tanaman), maka zakatnya sebanyak 1/20
(5%). Dan jika pertanian itu diairi dengan hujan (tadah hujan), maka zakatnya
sebanyak 1/10 (10%). Ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam.
“Pada yang disirami oleh sungai dan hujan, maka sepersepuluh
(1/10); dan yang disirami dengan pengairan (irigasi), maka seperduapuluh
(1/20).” (HR. Muslim 2/673)
Misalnya: Seorang
petani berhasil menuai hasil panennya sebanyak 1000 kg. Maka ukuran zakat yang
dikeluarkan bila dengan pengairan (alat siram tanaman) adalah 1000 x 1/20 = 50
kg. Bila tadah hujan, sebanyak 1000 x 1/10 = 100 kg
4.
Nishab barang dagangan
Pensyariatan zakat
barang dagangan masih diperselisihkan para ulama. Menurut pendapat yang
mewajibkan zakat perdagangan, nishab dan ukuran zakatnya sama dengan nishab dan
ukuran zakat emas.
Adapun syarat-syarat
mengeluarkan zakat perdagangan sama dengan syarat-syarat yang ada pada zakat
yang lain, dan ditambah dengan 3 syarat lainnya:
1)
Memilikinya dengan tidak
dipaksa, seperti dengan membeli, menerima hadiah, dan yang sejenisnya.
2) Memilikinya dengan niat untuk perdagangan.
3) Nilainya telah sampai nishab.
2) Memilikinya dengan niat untuk perdagangan.
3) Nilainya telah sampai nishab.
Seorang pedagang harus
menghitung jumlah nilai barang dagangan dengan harga asli (beli), lalu digabungkan
dengan keuntungan bersih setelah dipotong hutang.
Misalnya: Seorang
pedagang menjumlah barang dagangannya pada akhir tahun dengan jumlah total
sebesar Rp. 200.000.000 dan laba bersih sebesar Rp. 50.000.000. Sementara itu,
ia memiliki hutang sebanyak Rp. 100.000.000. Maka perhitungannya sebagai
berikut:
Modal – Hutang:
Rp. 200.000.000 – Rp.
100.000.000 = Rp. 100.000.000
Jadi jumlah harta
zakat adalah:
Rp. 100.000.000 + Rp.
50.000.000 = Rp. 150.000.000
Zakat yang harus
dibayarkan:
Rp. 150.000.000 x 2,5
% = Rp. 3.750.000
5.
Nishab harta karun
Harta karun yang
ditemukan, wajib dizakati secara langsung tanpa mensyaratkan nishab dan haul,
berdasarkan keumuman sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Dalam harta temuan terdapat seperlima (1/5) zakatnya.” (HR. Muttafaqun alaihi)
ZAKAT PROFESI
Adapun
dasar diwajibkan zakat profesi adalah firman Allah swt :
وَفِي
أَمْوَالِهِمْ حَقٌّ لِّلسَّائِلِ وَالْمَحْرُومِ
"
Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang – orang yang meminta dan
orang-orang miskin yang tidak mendapatkan bagian . " ( Qs Adz Dzariyat : 19 )
Hal ini dikuatkan dengan firman Allah swt :
يَا
أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ أَنفِقُواْ مِن طَيِّبَاتِ مَا كَسَبْتُمْ
"
Wahai orang-orang yang beriman bersedekahlah ( keluarkanlah zakat ) dari apa
yang baik- baik dari apa yang kalian usahakan “( Qs
Al Baqarah : 267 )
Hasil profesi merupakan sumber pendapatan
orang-orang masa kini, seperti pegawai negeri, swasta, konsultan, dokter, dan
notaris. Para ahli fikih kontemporer bersepakat bahwa hasil profesi termasuk
harta yang harus dikeluarkan zakatnya, mengingat zakat pada hakikatnya adalah
pungutan harta yang diambil dari orang-orang kaya untuk dibagikan kepada
orang-orang miskin di antara mereka (sesuai dengan ketentuan syarak).
Walaupun demikian, jika hasil profesi seseorang tidak mencukupi kebutuhan hidup (diri dan keluarga)nya, ia lebih pantas menjadi mustahiq (penerima zakat). Sedang jika hasilnya sekadar untuk menutupi kebutuhan hidupnya, atau lebih sedikit, ia belum juga terbebani kewajiban zakat. Kebutuhan hidup yang dimaksud adalah kebutuhan pokok, yaitu pangan, sandang, papan, pendidikan, kesehatan, dan biaya yang diperlukan untuk menjalankan profesinya.
Zakat profesi memang belum familiar dalam khazanah keilmuan Islam klasik. Maka dari itu, hasil profesi dikategorikansebagai jenis harta wajib zakat berdasarkan kias (analogi) atas kemiripan (syabbah) terhadap karakteristik harta zakat yang telah ada, yakni:
Walaupun demikian, jika hasil profesi seseorang tidak mencukupi kebutuhan hidup (diri dan keluarga)nya, ia lebih pantas menjadi mustahiq (penerima zakat). Sedang jika hasilnya sekadar untuk menutupi kebutuhan hidupnya, atau lebih sedikit, ia belum juga terbebani kewajiban zakat. Kebutuhan hidup yang dimaksud adalah kebutuhan pokok, yaitu pangan, sandang, papan, pendidikan, kesehatan, dan biaya yang diperlukan untuk menjalankan profesinya.
Zakat profesi memang belum familiar dalam khazanah keilmuan Islam klasik. Maka dari itu, hasil profesi dikategorikansebagai jenis harta wajib zakat berdasarkan kias (analogi) atas kemiripan (syabbah) terhadap karakteristik harta zakat yang telah ada, yakni:
(1) model memperoleh harta penghasilan
(profesi) mirip dengan panen (hasil pertanian), sehingga harta ini dapat
dikiaskan pada zakat pertanian berdasarkan nisab (653 kg gabah kering giling
atau setara dengan 522 kg beras) dan waktu pengeluaran zakatnya (setiap kali
panen),
(2) model harta yang diterima sebagai
penghasilan berupa uang, sehingga jenis harta ini dapat dikiaskan pada zakat
harta (simpanan atau kekayaan) berdasarkan kadar zakat yang harus dibayarkan
(2,5%). Dengan demikian, apabila hasil profesi seseorang telah memenuhi
ketentuan wajib zakat, ia berkewajiban menunaikan zakatnya.
Contoh:
Abdul Baqi adalah seorang karyawan swasta yang berdomisili di Bogor. Ia mempunyai seorang istri dan dua orang anak yang masih kecil. Penghasilan per bulannya adalah Rp 5.000.000,-.
1. Pendapatan gaji per bulan Rp 5.000.000,-
2. Nisab 522 kg beras @Rp 7.000 (relatif) Rp 3.654.000,-
3. Rumus zakat = (2,5% x besar gaji per bulan),-
4. Zakat yang harus ditunaikan Rp 125.000,-
Zakat profesi juga bisa diakumulasikan dalam satu tahun. Caranya, jumlah pendapatan gaji berikut bonus dan lainnya dikalikan satu tahun kemudian apabila hasilnya mencapai nisab, selanjutnya dikalikan dengan kadar zakat 2,5%.
5. Jadi, Rp 5.000.000,- x 13 = Rp 65.000.000,-
6. Jumlah zakatnya adalah 65.000.000,- x 2.5% = Rp 1.625.000,-
Abdul Baqi adalah seorang karyawan swasta yang berdomisili di Bogor. Ia mempunyai seorang istri dan dua orang anak yang masih kecil. Penghasilan per bulannya adalah Rp 5.000.000,-.
1. Pendapatan gaji per bulan Rp 5.000.000,-
2. Nisab 522 kg beras @Rp 7.000 (relatif) Rp 3.654.000,-
3. Rumus zakat = (2,5% x besar gaji per bulan),-
4. Zakat yang harus ditunaikan Rp 125.000,-
Zakat profesi juga bisa diakumulasikan dalam satu tahun. Caranya, jumlah pendapatan gaji berikut bonus dan lainnya dikalikan satu tahun kemudian apabila hasilnya mencapai nisab, selanjutnya dikalikan dengan kadar zakat 2,5%.
5. Jadi, Rp 5.000.000,- x 13 = Rp 65.000.000,-
6. Jumlah zakatnya adalah 65.000.000,- x 2.5% = Rp 1.625.000,-
Cara Menghitung Nishab
Dalam menghitung
nishab terjadi perbedaan pendapat. Yaitu pada masalah, apakah yang dilihat
nishab selama setahun ataukah hanya dilihat pada awal dan akhir tahun saja?
Imam Nawawi berkata,
“Menurut mazhab kami (Syafi’i), mazhab Malik, Ahmad, dan jumhur, adalah
disyaratkan pada harta yang wajib dikeluarkan zakatnya – dan (dalam
mengeluarkan zakatnya) berpedoman pada hitungan haul, seperti: emas, perak, dan
binatang ternak- keberadaan nishab pada semua haul (selama setahun). Sehingga,
kalau nishab tersebut berkurang pada satu ketika dari haul, maka terputuslah
hitungan haul. Dan kalau sempurna lagi setelah itu, maka dimulai perhitungannya
lagi, ketika sempurna nishab tersebut.” (Dinukil dari Sayyid Sabiq dari ucapannya
dalam Fiqh
as-Sunnah 1/468). Inilah
pendapat yang rajih (paling kuat -ed) insya Allah. Misalnya nishab tercapai
pada bulan Muharram 1423 H, lalu bulan Rajab pada tahun itu ternyata hartanya
berkurang dari nishabnya. Maka terhapuslah perhitungan nishabnya. Kemudian pada
bulan Ramadhan (pada tahun itu juga) hartanya bertambah hingga mencapai nishab,
maka dimulai lagi perhitungan pertama dari bulan Ramadhan tersebut. Demikian
seterusnya sampai mencapai satu tahun sempurna, lalu dikeluarkannya zakatnya.
Demikian tulisan singkat ini, mudah-mudahan bermanfaat.
YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT
إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ
Sesungguhnya, zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mualaf yang dibujuk hatinya, untuk memerdekakan budak, orang-orang yang berutang, untuk jalan Allah, dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah. Qs. At-Taubah:60
Dari Ayat di atas menjelakan mengenai 8 golongan yang berhak menerima zakat
- Fakir, yaitu orang – orang yang tidak memiliki properti untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya dan tidak memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap.
- Miskin, yaitu mereka yang memiliki kekayaan tetapi tidak dapat menyediakan untuk kehidupan keluarganya dan pendapatan memiliki pekerjaan tetap tetapi tidak cukup.
- Amil, yaitu mereka yang bertanggung jawab atas sedekah menerima, mengelola dan mendistribusikan zakat kepada yang berhak menerima.
- Muallaf, yaitu mereka yang baru untuk agama Islam, imannya masih lemah, sehingga masih membutuhkan bimbingan.
- Budak, budak yang berjanji untuk dibebaskan.
- Garim, yaitu mereka yang memiliki utang banyakk untuk kepentingan dan kemajuan Agama Islam, bukan untuk kejahatan.
- Fisabilillah, yaitu mereka yang berperang di jalan Allah.
- Ibnu Sabil, orang yang sedang dalam perjalanan bermaksud baik dan kesulitan perjalanan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar